“Mission: Impossible – Fallout” (2018): Mendefinisikan Kembali Pesona Ethan Hunt

Saat menunggu transaksi inti plutonium, Ethan terlihat tenang sambil mengejek temannya, Benji, yang tampak tegang. Luther mengamankan uang sebagai alat untuk menebus plutonium, benda berharga pembuat bom berdaya ledak dahsyat.

Rencana yang awalnya mulus mendadak runyam setelah Luther menjadi sandera. Ethan memilih menyelamatkan nyawa Luther dengan konsekusensi plutonium lenyap diambil orang yang merupakan anggota The Apostles, kelompok teroris sisa dari organisasi teroris bernama The Syndicate, dimana pentolannya, Solomon Lane, telah tertangkap dua tahun sebelumnya.

Plutonium hilang dan kelompok Ethan harus menanggung segala akibatnya. Mulai dari interogasi terhadap ahli nuklir sekaligus anggota kelompok tersebut, Nils Debruk, hingga akhirnya mesti mengekor kemana plutonium itu pergi, yakni ke Paris, dimana transaksi akan dilakukan bersama dengan John Lark. Ethan tak sendiri. Ada August Walker, agen CIA yang ingin mengambil pula plutonium itu.

Dari sinilah segala kegilaan Ethan dimulai. Melompat dari pesawat, kejar-kejaran menggunakan motor gede di jalanan ramai di kota Paris, hingga melompati gedung bisa menjadi suguhan yang memang khas waralaba Mission: Impossible sejak pertama kali dirilis pada 1996. Jangan lupakan pula aksi tabrak-menabrak menggunakan helikopter yang makin membuat kepala puyeng membayangkan bagaimana mereka melakukan ini semuanya.

Aku tak ingin membahas segala aksi edan yang Ethan (Tom Cruise) lakukan dalam film tersebut. Aku justru tertarik ingin mengupas sosok Ethan sendiri yang menurut aku menarik.

Ethan tokoh agen yang kurang meyakinkan dari luar. Acapkali saat menghadapi lawan, ekspresi dia “goyang”, kadang bingung. Bahkan ketika dia dan teman-temannya menjebak Walker yang pada akhirnya mengaku dia bekerjasama dengan Lane, Ethan kurang pas memainkan perannya sebagai orang yang licik.

Ia juga bukan negosiator yang ulung, seperti terlihat saat bertransaksi plutonium bersama the White Widow. Karakternya berbeda sekali dengan Walker yang memang terlihat tegas, lugas dan tahu apa keinginan dia.

Gaya larinya Ethan yang memang unik banget dengan tangan naik sampai ke atas. Foto oleh theatlantic.com

Pun demikian, Ethan keluar giginya saat saat genting. Polah dan aksinya lebih ia tonjolkan untuk menutupi kekurangan verbalnya. Istilah singkatnya, action is better than words. Buatku di situlah Ethan ini begitu menggelitik. Apa yang tampak di luar jauh berbeda dari yang di dalamnya. Bagi yang tak mengenal sosoknya, Ethan sosok yang biasa saja. Tetapi bagi yang telah mengenalnya, agen ini sulit ditebak apa maunya.

Dalam seri terbaru waralaba ini, misalnya, Ethan terlihat kurang persiapan saat ia memasuki acara gala makan malam the White Widow. Jika bukan karena bantuan Ilsa, ia tak akan bisa masuk ke lokasi acara. Kurang persiapan, sempat keok dalam laga melawan orang yang disangka John Lark, Ethan bisa masuk, membunuh banyak mata-mata the Apostles lalu bisa menjalin transaksi dengan the White Widow.

Adu mulut antara Ethan versus Walker selalu mengesalkan buatku sebab terlihat sekali kekurangan Ethan dalam hal debat dan persuasi. Sempat aku berpikir tatkala keduanya ribut sebelum melompat dari pesawat, ini Ethan nggak banget jadi agen, bahkan pahlawan.

Tetapi ketika ia memunculkan kekuatan fisik, kelihaian berkelahi, melompat, berlari, ngebut dan mengendalikan helikopter, Ethan ini menjadi sosok yang beda; memenuhi kualifikasi sebagai seorang agen. Meski jujur saja buatku, ia tetap kurang culas dan sadis.

Justru dengan kepribadian kontas ini Ethan menjadi agen yang manusiawi. Mempunyai kekurangan dari ketrampilan berbicara tetapi semua ia tutup dengan keberanian melakukan aksi yang membuatku ngilu, tegang dan keluar bioskop di Blok M Plaza Rabu minggu ini dengan perasaan super puas.

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s